Lomba Mapel IPA, IPS dan Matematika SMP Tingkat Kabupaten Purbalingga Berlangsung Meriah

 



 

 

Hari Sabtu, tanggal 9 Maret 2024 lalu, kompleks SMA Negeri 2 Purbalingga tampak meriah. Sebanyak 627 siswa SMP dan MTs se Kabupaten Purbalingga Bersatu dalam rangka lomba Mata Pelajaran IPA, IPS dan Matematika Tingkat Kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, S.H., M.H., terselenggara atas kerjasama Forum Komunikasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran-Bimbingan Konseling (MGMP-BK) SMP Kabupaten Purbalingga, khususnya MGMP IPA, IPS dan Matematika dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga.

Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I. dari SMPN 3 Mrebet selaku ketua panitia menjelaskan bahwa konsep lomba mapel tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Jika pada tahun lalu setiap mapel dilaksanakan di lokasi yang berbeda, maka pada tahun ini dilaksanakan di satu lokasi. Jumlah tim yang terlibat pun mengalami kenaikan. Lomba Mapel IPA diikuti oleh 69 tim, sedangkan lomba Mapel IPS dan Matematika diikuti oleh 70 tim. Setiap tim terdiri dari tiga siswa. Dan setiap sekolah maksimal hanya bisa mengirimkan 1 tim untuk setiap mapel. Tujuannya agar terjadi pemerataan dan kompetisi yang setara antar sekolah. Perbedaan lainnya adalah jumlah sekolah yang terlibat sebanyak 63 SMP Negeri dan Swasta serta 7 MTs Negeri dan Swasta. Jadi total jumlah sekolah yang mengirimkan timnya untuk berlaga di lomba mapel tahun 2024 ini adlah 70 SMP/MTs negeri dan Swasta se Kabupaten Purbalingga. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri dan menunjukkan tingkat partisipasi dan semangat yang tinggi sekolah dalam berkompetisi.

Tujuan lomba Mapel ini adalah sebagai ajang kompetisi siswa, khususnya pada mata Pelajaran IPA, IPS dan matematika. Bisa meningkatkan prestasi belajar dan menfasilitasi siswa berprestasi dalam rangka meniti jalur prestasi saat hendak melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Tema yang diangkat dalam lomba tahun ini adalah Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi, Unjuk Performa Sejak Dini. Mengadopsi dari Tema Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristek RI. Lomba mapel ini setidaknya bisa dijadikan sebagai persiapan OSN Tingkat Kabupaten sehingga diharapkan siswa bisa lebih siap dan berpengalaman.

Lomba dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama dilaksakan dengan tes tulis dengan model soal pilihan ganda secara daring selama 60 menit. Untuk memastikan soal bersifat rahasia dan penjurian berlangsung adil maka penyusun soal dan juri bekerjasama dengan pihak ketiga. Mapel IPA bekerjasama dengan MGMP IPA SMP Kabupaten Banjarnegara. Mapel IPS bekerjasama dengan Prodi Magister Pendidikan IPS UMP. Sedangkan Matematika bekerjasama dengan MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas.

Tahap pertama didapatkan 6 tim yang mendapatkan nilai tertinggi dari setiap mapel. Tahap kedua adalah menentukan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 dari enam tim yang lolos di tahap pertama. Tahap kedua lomba dilaksanakan dengan Teknik yang berbeda-beda setiap mapel. Mapel IPA menerapkan uji praktek Fisika, Kimia dan Biologi. Mapel IPS menggunakan model tes lisan seperti Lomba Cerdas Cermat. Sedangkan Mapel Matematika menggunakan model tes uraian.

Penghargaan kepada juara yaitu Tabungan pelajar sebesar 1 juta untuk tim juara pertama, 750 ribu untuk tim juara kedua, 500 ribu untuk tim juara ketiga. Sedangkan juara harapan 1 mendapatkan Tabungan pelajar sebesar 300 ribu, juara harapan 2 sebesar 250 ribu dan juara harapan 3 sebesar 200 ribu. Tabungan pelajar disediakan oleh PT BPR BKK Purbalingga. Selain Tabungan pelajar, tim juara juga mendapatkan piala yang disediakan oleh BPD Jateng Cabang Purbalingga. Tim yang mendapat juara pertama menerima piala bergilir dari Bupati Purbalingga. Khusus untuk juara pertama mapel IPS mendapatkan piala bergilir dari Prodi Magister IPS UMP.

Kegiatan yang membutuhkan dana sekitar empat puluh juta rupiah tersebut, ditopang Sebagian besar dari dana pendaftaran peserta. Sebagian lainnya dari sponsor yang memiliki perhatian dan mendukung kegiatan kompetisi pelajar, yakni PT BPR BKK Purbalingga, BPD Jateng, BPR Syariah Buana Mitra Perwira, KSPA Syariah BMT DAS, Penerbit Erlangga.

Berdasarkan hasil penjurian, maka didapatkan Tim Juara Lomba Mapel IPA, Juara 1 dari SMPN 1 Purbalingga, Juara 2 dari SMPN 1 Kejobong, Juara 3 dari SMPN 1 Bojongsari, Juara harapan 1 dari MTs Minhajut Tholabah Purbalingga, Juara Harapan 2 dari SMPN 1 Kutasari, dan Juara Harapan 3 dari SMP IT Harapan Ummat Purbalingga. Lomba Mapel IPS, juara 1 dari SMPN 1 Purbalingga, Juara 2 dari SMPN 2 Purbalingga, Juara 3 dari SMPN 1 Rembang, Juara harapan 1 dari SMPN 1 Mrebet, juara harapan 2 dari SMP Istiqomah Sambas, dan Juara 3 dari SMPN 4 Purbalingga. Sedangkan untuk Mapel Matematika, juara 1 dari SMPN 1 Purbalingga, Juara 2 dari SMP Istiqomah Sambas Purbalingga, Juara 3 dari SMPN 1 Mrebet, Juara Harapan 1 dari SMPN 1 Kaligondang, Juara Harapan 2 dari SMP IT Harapan Ummat Purbalingga, dan Juara Harapan 3 dari SMPN 2 Rembang. (Febri)




 




 

Komentar