Seminar Pendidikan IPA dan Rapat Pleno MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga



Hari Sabtu pagi pada 17 Februari 2024 lalu, kompleks Gedung Dekopinda Kabupaten Purbalingga tampak ramai. Sebanyak 123 guru IPA SMP se-Purbalingga mengikuti kegiatan Seminar Pendidikan IPA dan Rapat Pleno MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga dengan tema “Pembelajaran dan Asesmen Berbasis Literasi bagi Guru IPA SMP Kabupaten Purbalingga”. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, S.H, M.H, dan turut dihadiri oleh Arsyad Riyadi, S.Si, M.Pd selaku Pengawas IPA, serta Murdiono, S.Pd, M.Pd selaku Bina Damping MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut merupakan irisan dua agenda, yaitu Pleno MGMP IPA dan Seminar Pendidikan IPA berkat kerja sama MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga dengan Universitas PGRI Semarang. Agenda Pleno MGMP diisi dengan penjelasan program MGMP yaitu Lomba Mapel IPA, pembekalan calon peserta Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), dan kegiatan berbagi praktik baik pembelajaran IPA berbasis literasi dan numerasi. Sementara agenda Seminar Pendidikan IPA diisi materi pembelajaran dan asesmen berbasis literasi dengan narasumber dosen-dosen dari Universitas PGRI Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi, S.H, M.H, dalam sambutannya mengapresiasi pengurus MGMP IPA yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Rapat Pleno dipadukan dengan Seminar Pembelajaran dan Asesmen Berbasis Literasi. Hal ini selaras dengan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga yang sudah melakukan terobosan dengan soal-soal berbasis literasi dan numerasi pada penilaian/asesmen sekolah. Kepala Dinas juga berterima kasih dan mendukung pemberian penghargaan kepada guru-guru IPA terbaik dalam kegiatan Kunjung Pokja, serta berharap kegiatan yang mengaktifkan Pokja tersebut bisa menjadi inspirasi bagi MGMP yang lain.

Sebelumnya Bapak Murdiono, S.Pd, M.Pd selaku Bina Damping MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga, menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru-guru IPA SMP yang sudah berpartisipasi menjadi peserta kegiatan. Bina Damping juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pengurus MGMP IPA yang sudah sukses menyelenggarakan acara Rapat Pleno sekaligus Seminar Pendidikan IPA, dengan sertifikat yang langsung dibagikan kepada peserta. Bapak Murdiono, S.Pd, M.Pd menekankan pentingnya kegiatan ini karena sangat bermanfaat memfasilitasi guru-guru IPA dalam penilaian kinerjanya. Begitu juga informasi-informasi penting tentang pelaksanaan Lomba Mapel IPA dan OPSI. Beliau berharap kegiatan ini menjadi bekal guru-guru IPA untuk mempersiapkan lomba-lomba IPA dan menguatkan kompetensi pembelajaran berbasis literasi dan numerasi.

Agenda dilanjutkan dengan penganugerahan 10 guru IPA terbaik dari setiap Pokja dalam kegiatan Kunjung Pokja. Sebelumnya guru-guru IPA berkompetisi dalam Kunjung Pokja, yaitu berbagi praktik baik video pembelajaran IPA berbasis alat laboratorium sebagai tindak lanjut kegiatan Workshop Manajemen Laboratorium IPA pada tahun 2023 lalu. Guru Terbaik dari tiap Pokja adalah: Pokja 1 Devi Rakhma Pradani, S.Pd dari SMP Negeri 4 Purbalingga, Pokja 2 Dwi Imawati, S.Pd.Si dari SMP Negeri 3 Kemangkon, Pokja 3 Dwi Ningsih, S.Pd dari SMP Negeri 1 Padamara, Pokja 4 Catur Agus Lukitasari, S.Pd dari SMP Negeri 1 Bojongsari, Pokja 5 Jati Aurum Asfaroh, S.Pd dari SMP Negeri 1 Bobotsari, Pokja 6 Etty Sukaptiningsih, S.Pd dari SMP Negeri 1 Kaligondang, Pokja 7 Ahmad Kurniawan, S.Pd dari SMP Negeri 3 Karangjambu, Pokja 8 Nur Koriah Prihatin, S.Pd.Fis dari SMP Negeri 2 Kertanegara, Pokja 9 Laela Fajriyah, S.Pd dari SMP Negeri 1 Rembang, dan Pokja 10 Dwi Sucianto Setyabudi, S.Pd dari SMP Negeri 1 Kejobong. Penyerahan piala disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga didampingi oleh Pengawas IPA SMP dan Bina Damping MGMP IPA.

Setelah rangkaian Pleno MGMP IPA, agenda disambung dengan Seminar Pendidikan IPA dengan tema “Pembelajaran dan Asesmen Berbasis Literasi bagi Guru IPA SMP Kabupaten Purbalingga”. Seminar diisi dengan materi dan diskusi interaktif dengan menghadirkan narasumber dosen-dosen dari Universitas PGRI Semarang. Diantaranya Dr. Muhammad Syaipul Hayat, M.Pd Ketua Program Studi Magister Pendidikan IPA, Dr. Siti Patonah, S.Pd, M.Pd, Mega Novita, S.Si, M.Si, M.Nat.Sc, Ph.D, dan Dr. Intan Indiati, M.Pd. Peserta kegiatan tampak semangat mengikuti seminar, karena tema materi sangat dibutuhkan oleh guru-guru IPA, serta dibawakan dengan tanya jawab interaktif diselingi game, ice breaking, dan pembagian doorprice. Di sela-sela seminar, tim media MGMP IPA juga mengadakan Podcast Orbit Seri ke-8 topik Pentingnya Guru IPA Melanjutkan S2 IPA, dengan narasumber Dr. Muhammad Syaipul Hayat, M.Pd Ketua Program Studi Magister Pendidikan IPA dan moderator Dwi Sucianto Setyabudi, S.Pd. (Dwi S.)










Komentar